Rabu, 12 Agustus 2015

MULTIMEDIA




MULTIMEDIA
Oleh : Asep Hermawan

SEJARAH MULTIMEDIA
Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.

Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection (AVC).
Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran. Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital, Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user.
Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Teknologi multimedia dipandang sebagai revolusi ketiga dalam teknologi informasi, setelah automasi (komputasi) dan internet (networking). Pada dasarnya teknologi informasi menciptakan, memproses, menyimpan, mengirim, dan menyajikan data digital. Kemampuan ini menghasilkan banyak aplikasi yang sangat bermanfaat. Yaitu :
¨  Automasi memudahkan manusia melakukan pekerjaan rutin dan berat secara fisik.
¨  Internet memperkaya sumber informasi sehingga interaksi dan kualitas keputusan menjadi lebih cerdas.
¨  Multimedia mengintegrasikan unsur keindahan, seni, dan ekspresi diri ke dalam teknologi informasi. Kemampuan ini memungkinkan dihasilkan berbagai fungsi dan layanan yang meningkatkan kualitas hidup manusia.
 DEFINISI MULTIMEDIA
Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar. Heinich, Mlenda, dan Russel (dalam Sanjaya, 2008) mengungkapkan bahwa media is a channel of communication. Derived from the Latin word for “between”, the term refers to “anything that carries information between a source and a receiver. Hal senada juga diungkapkan AECT –sebuah organisasi yang bergerak dalam teknologi pendidikan dan komunikasi –bahwa media sebagai segala bentuk yang digunakan untuk proses penyaluran informasi.
 Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
¨  Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc Cormick,1996)
¨  Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
¨  Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
¨  Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi“
Kelebihan Multimedia
¨  Dari berbagai media informasi, multimedia memiliki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh penyajian media informasi lainya.
¨  Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara dan gerakan.
¨  Lembaga riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 %  dari yang dilihat  dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang mengingat 50 %  dari yang dilihat dan didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.
 Elemen Multimedia
Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti yang rerlihat dalam gambar dibawah ini :
Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia.
¨  Teks adalah elemen multimedia yang paling dasar.
¨  Terdiri atas gabungan kata yang digunakan untuk mengekspresikan suatu pesan/informasi.
¨  Pilihan kata yang tepat akan memudahkan menyampaikan pesan kepada pengguna.
¨  Digunakan untuk menyajikan isi, menu, label, dll.
Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.
¨  Gambar adalah images dua dimensi yang dapat dimanipulasi oleh komputer misalnya berupa foto, grafik, ilustrasi, diagram, dll.
¨  Visualisasi terhadap konsep verbal atau abstrak.
¨  Digunakan untuk memperjelas penyampaian informasi verbal.
Audio (Bunyi)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis, dapat membeli ataupun menciptakan sendiri.
¨   Suara dihasilkan oleh getaran sumber suara yang didengar oleh telinga.
¨  Suara bisa berupa suara manusia (narasi), suara binatang atau benda lain, musik, efek suara.
¨  Digunakan untuk memperjelas informasi teks maupun gambar.
Video
Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
¨  Video merupakan rekaman kejadian/peristiwa atau proses yang berisi urutan gambar bergerak disertai suara.
¨  Isi video lebih realistik dibanding animasi.
¨  Membutuhkan tempat penyimpanan yang besar.
¨  Bagaimana dengan SIMULASI?
Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
¨  Animasi merupakan ilusi gerak dari beberapa gambar yang berurutan.
¨  Digunakan untuk menyampaikan informasi dimana unsur gerakan/proses sangat dipentingkan.
¨  Untuk memudahkan pemahaman terhadap proses yang cepat, sulit, abstrak.
 Penyajian Multimedia
Dalam perkembangannya, multimedia dapat dibagi menajdi dua, yakni multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah multimedia yang bersifat sekuensial atau berurutan, setiap peserta didik atau pemakai multimedia ini menggunakannya sesuai dengan urutan setahap demi setahap sesaui dengan pengemasan materi yang ditentukan. peserta didik belajar berdasarkan bagian-bagian yang didesain sedemikian rupa secara berurutan dengan waktu yang telah ditentukan. Sementara itu, multimedia interaktif adalah multimedia yang tidak bersifat linier, namun peserta didik memiliki pilihan sesuai dengan menu yang ditawarkan.
·         LINIER:
o   Materi disajikan secara urut (berjalan mulai dari awal secara urut hingga akhir program)
o   Tidak interaktif
o   Contoh: film, demo
·         NON-LINIER:
o   Pengguna berinteraksi dan mengontrol urutan materi sehingga dapat bercabang kemana mana
o   Interaktif
o   Contoh: game, cd pembelajaran, MPI
Format sajian multimedia pembelajaran diantaranya:
1.     Metode Tutorial adalah program komputer yang menyajikan terlebih dahulu materi pelajaran sebelum siswa menjawab soal yang disajikan.
      
  2.   Metode Drill and Practice adalah program komputer yang digunakan untuk melatih keterampilan siswa dalam menjawab soal-soal latihan tertentu dalam berbagi jenis materi pelajaran.
      
3.      Metode Simulasi adalah program yang berupaya melibatkan siswa dalam persoalan yang mirip dengan situasi yang sebenarnya, namun tanpa resiko yang nyata.
 
4.      Metode Permainan adalah bentuk pembelajaran untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri melalui prosedur dan langkah-langkah serta aturan permainan yang harus diikuti selama pembelajaran berlangsung.

          

Alat membuat Multimedia
Authoring Tools: digunakan untuk menggabungkan, mengedit, mengorganisir elemen-elemen multimedia sehingga menjadi paket multimedia. Contoh:
    • Berbasis halaman: Ms PowerPoint
    • Berbasis waktu: Adobe Flash, Macromedia Director
    • Berbasis icon: Adobe Authorware

                                                                                             

Fitur Authoring Tools
·         Fitur editing dan organizing
·         Fitur programming
·         Fitur interactivity
·         Fitur performance tuning dan playback
·         Fitur Delivery, Cross-Platform, dan Internet Playability
Alat membuat elemen Multimedia
Creating-editing Tools: digunakan untuk membuat dan mengedit elemen multimedia. Contoh :
·         Pengolah gambar bitmap: Adobe Photoshop
·         Pengolah gambar vektor: CorelDRAW
·         Pengolah suara: Adobe AUDITION
·         Pengolah video: Adobe Premiere
Distribusi Multimedia
·         Compact Disc/Digital Versatile Disc
o   Bisa menyimpan data yang banyak termasuk suara dan video (CD: 700 MB dan DVD: 4.3 GB)
o   Murah dan ukuran kecil
o   Mudah diproduksi dalam jumlah besar
o   Hampir semua komputer/laptop sekarang ada CD/DVD drives
o   Prioritas: kualitas multimedia

 
·       Kiosk
o    Sistem komputer stand-alone atau terhubung jaringan
o    Memungkinkan pengguna mengakses informasi, melakukan transaksi, memainkan game, dll
o    Sering dijumpai di Stasiun, Bandara, Mall, Museum, dll.
o    Prioritas: kualitas multimedia
 

·       Internet/WWW
o   Mudah diakses pengguna
o   Cepat didistribusikan
o   Mudah diupdate
o   Prioritas: ukuran file multimedia
·                             Handphone (mobile)
o   Mudah diakses pengguna
o   Cepat didistribusikan
o   Prioritas: layout dan ukuran file
                 
Pemanfaatan Multimedia
·           Pendidikan contohnya MPI, e-learning, CD pembelajaran, CD tutorial
·           Bisnis contohnya Profil, demo produk, iklan, e-commerce, e-training
·           Pariwisata contohnya Peta turis, travel, seni pertunjukan,
·           Hiburan contohnya Games, film animasi,
·           Tempat umum contohnya hotel, bandara, mal, museum, restoran
·           Rumah tangga contohnya CD memasak, berkebun, senam, ketrampilan

Contoh multimedia pembelajaran 
 

Contoh aplikasi multimedia pembelajaran bahasa

 
 



 
 
Keuntungan Multimedia

  • ·         Mudah digunakan
  • ·         Antarmuka Intuitif
  • ·         Immersive experience
  • ·         Interaksi self-paced
  • ·         Retensi lama
  • ·         Pemahaman konten lebih baik
  • ·         Efektifitas beaya
  • ·         Lebih menyenangkan





0 komentar:

Posting Komentar