MULTIMEDIA
Oleh : Asep Hermawan
SEJARAH
MULTIMEDIA
Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer.
Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut
pertunjukan multimedia.
Sistem
multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh
Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai
perangkat lunak audio visual connection (AVC).
Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700
produk dan sistem multimedia dipasaran. Lahirnya teknologi
multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik
komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar
digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara
maupun video dalam bentuk digital, Multimedia merupakan konsep dan teknologi
dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam
komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang
sangat inovatif antara komputer dengan user.
Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks
(huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi
dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan
manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang
sesungguhnya (reality).
Teknologi
multimedia dipandang sebagai revolusi ketiga dalam teknologi informasi, setelah
automasi (komputasi) dan internet (networking). Pada dasarnya teknologi
informasi menciptakan, memproses, menyimpan, mengirim, dan menyajikan data
digital. Kemampuan ini menghasilkan banyak aplikasi yang sangat bermanfaat.
Yaitu :
¨ Automasi memudahkan manusia melakukan
pekerjaan rutin dan berat secara fisik.
¨ Internet
memperkaya sumber
informasi sehingga interaksi dan kualitas keputusan menjadi lebih cerdas.
¨ Multimedia
mengintegrasikan unsur keindahan,
seni, dan ekspresi diri ke dalam teknologi informasi. Kemampuan ini
memungkinkan dihasilkan berbagai fungsi dan layanan yang meningkatkan kualitas
hidup manusia.
DEFINISI
MULTIMEDIA
Kata media
berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah dapat
diartikan sebagai perantara atau pengantar. Heinich, Mlenda, dan Russel
(dalam Sanjaya, 2008) mengungkapkan bahwa media
is a channel of communication. Derived from the Latin word for “between”, the
term refers to “anything that carries information between a source and a
receiver. Hal senada juga diungkapkan AECT –sebuah organisasi yang bergerak
dalam teknologi pendidikan dan komunikasi –bahwa media sebagai segala bentuk
yang digunakan untuk proses penyaluran informasi.
Beberapa
pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
¨ Multimedia
secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc
Cormick,1996)
¨ Multimedia adalah kombinasi dari
paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
¨ Multimedia merupakan alat yang dapat
menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks
grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
¨ Multimedia adalah pemanfaatan
computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak
(video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan
pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi
(Hofstetter, 2001)
“Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan
animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan
pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi“
Kelebihan
Multimedia
¨ Dari berbagai media informasi,
multimedia memiliki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh
penyajian media informasi lainya.
¨ Kelebihan dari multimedia adalah
menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara
dan gerakan.
¨ Lembaga riset dan penerbitan
komputer yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya
mampu mengingat 20 % dari yang
dilihat dan 30 % dari yang didengar. Tetapi
orang mengingat 50 % dari yang dilihat
dan didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.
Elemen Multimedia
Menurut
James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia,
seperti yang rerlihat dalam gambar dibawah ini :
Teks
Bentuk
data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks
dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan
bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia.
¨ Teks
adalah elemen multimedia yang paling dasar.
¨ Terdiri
atas gabungan kata yang digunakan untuk mengekspresikan suatu pesan/informasi.
¨ Pilihan
kata yang tepat akan memudahkan menyampaikan pesan kepada pengguna.
¨ Digunakan
untuk menyajikan isi, menu, label, dll.
Image (grafik)
Alasan
untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah
karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan
dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara
yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang
bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.
¨ Gambar
adalah images dua dimensi yang dapat dimanipulasi oleh komputer misalnya berupa
foto, grafik, ilustrasi, diagram, dll.
¨ Visualisasi
terhadap konsep verbal atau abstrak.
¨ Digunakan
untuk memperjelas penyampaian informasi verbal.
Audio (Bunyi)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut
unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia
melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis, dapat membeli ataupun menciptakan
sendiri.
¨ Suara
dihasilkan oleh getaran sumber suara yang didengar oleh telinga.
¨ Suara
bisa berupa suara manusia (narasi), suara binatang atau benda lain, musik, efek
suara.
¨ Digunakan
untuk memperjelas informasi teks maupun gambar.
Video
Video
menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
¨ Video
merupakan rekaman kejadian/peristiwa atau proses yang berisi urutan gambar
bergerak disertai suara.
¨ Isi video
lebih realistik dibanding animasi.
¨ Membutuhkan
tempat penyimpanan yang besar.
¨ Bagaimana
dengan SIMULASI?
Animasi
Dalam
multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada
layer.
¨ Animasi merupakan ilusi gerak dari
beberapa gambar yang berurutan.
¨ Digunakan untuk menyampaikan
informasi dimana unsur gerakan/proses sangat dipentingkan.
¨ Untuk memudahkan pemahaman
terhadap proses yang cepat, sulit, abstrak.
Penyajian Multimedia
Dalam perkembangannya, multimedia dapat dibagi menajdi dua,
yakni multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah
multimedia yang bersifat sekuensial atau berurutan, setiap peserta didik atau
pemakai multimedia ini menggunakannya sesuai dengan urutan setahap demi setahap
sesaui dengan pengemasan materi yang ditentukan. peserta didik belajar
berdasarkan bagian-bagian yang didesain sedemikian rupa secara berurutan dengan
waktu yang telah ditentukan. Sementara itu, multimedia interaktif adalah
multimedia yang tidak bersifat linier, namun peserta didik memiliki pilihan
sesuai dengan menu yang ditawarkan.
·
LINIER:
o Materi
disajikan secara urut (berjalan mulai dari awal secara urut hingga akhir
program)
o Tidak
interaktif
o Contoh:
film, demo
·
NON-LINIER:
o Pengguna
berinteraksi dan mengontrol urutan materi sehingga dapat bercabang kemana mana
o Interaktif
o Contoh:
game, cd pembelajaran, MPI
Format sajian multimedia
pembelajaran diantaranya:
1. Metode Tutorial adalah
program komputer yang menyajikan terlebih dahulu materi pelajaran sebelum siswa
menjawab soal yang disajikan.
2. Metode Drill and Practice adalah program komputer yang digunakan untuk
melatih keterampilan siswa dalam menjawab soal-soal latihan tertentu dalam
berbagi jenis materi pelajaran.
3. Metode Simulasi adalah program yang berupaya melibatkan siswa dalam persoalan
yang mirip dengan situasi yang sebenarnya, namun tanpa resiko yang nyata.
4. Metode Permainan adalah bentuk pembelajaran untuk mencari dan menemukan
jawaban sendiri melalui prosedur dan langkah-langkah serta aturan permainan
yang harus diikuti selama pembelajaran berlangsung.
Alat
membuat Multimedia
Authoring Tools: digunakan untuk menggabungkan, mengedit, mengorganisir
elemen-elemen multimedia sehingga menjadi paket multimedia. Contoh:
- Berbasis halaman: Ms PowerPoint
- Berbasis waktu: Adobe Flash, Macromedia Director
- Berbasis icon: Adobe Authorware
Fitur
Authoring Tools
·
Fitur
editing dan organizing
·
Fitur
programming
·
Fitur
interactivity
·
Fitur
performance tuning dan playback
·
Fitur Delivery,
Cross-Platform, dan Internet Playability
Alat
membuat elemen Multimedia
Creating-editing Tools: digunakan untuk membuat dan mengedit elemen
multimedia. Contoh :
·
Pengolah
gambar bitmap: Adobe Photoshop
·
Pengolah
gambar vektor: CorelDRAW
·
Pengolah
suara: Adobe AUDITION
·
Pengolah
video: Adobe Premiere
Distribusi
Multimedia
·
Compact Disc/Digital Versatile Disc
o Bisa
menyimpan data yang banyak termasuk suara dan video (CD: 700 MB dan DVD: 4.3
GB)
o Murah dan
ukuran kecil
o Mudah
diproduksi dalam jumlah besar
o Hampir
semua komputer/laptop sekarang ada CD/DVD drives
o Prioritas:
kualitas multimedia
·
Kiosk
o
Sistem
komputer stand-alone atau terhubung jaringan
o
Memungkinkan
pengguna mengakses informasi, melakukan transaksi, memainkan game, dll
o
Sering
dijumpai di Stasiun, Bandara, Mall, Museum, dll.
o
Prioritas:
kualitas multimedia
·
Internet/WWW
o Mudah
diakses pengguna
o Cepat
didistribusikan
o Mudah
diupdate
o Prioritas:
ukuran file multimedia
·
Handphone (mobile)
o Mudah
diakses pengguna
o Cepat
didistribusikan
o Prioritas:
layout dan ukuran file
Pemanfaatan
Multimedia
·
Pendidikan
contohnya MPI, e-learning, CD pembelajaran, CD tutorial
·
Bisnis
contohnya Profil, demo produk, iklan, e-commerce, e-training
·
Pariwisata
contohnya Peta turis, travel, seni pertunjukan,
·
Hiburan
contohnya Games, film animasi,
·
Tempat
umum contohnya hotel, bandara, mal, museum, restoran
·
Rumah
tangga contohnya CD memasak, berkebun, senam, ketrampilan
Contoh
multimedia pembelajaran
Contoh aplikasi multimedia pembelajaran bahasa
Keuntungan
Multimedia
- · Mudah digunakan
- · Antarmuka Intuitif
- · Immersive experience
- · Interaksi self-paced
- · Retensi lama
- · Pemahaman konten lebih baik
- · Efektifitas beaya
- · Lebih menyenangkan
0 komentar:
Posting Komentar