JAWABAN UTS
TEKNOLOGI INFORMASI
NAMA :
ASEP HERMAWAN
NIM :
14865001
KELAS
: A
ANGKATAN
: X
DOSEN : Dr. H. HUDIANA HERNAWAN, MS
JAWABAN
Teknologi Informasi dipandang dari
sudut:
a.
Pengertian
Teknologi Informasi
(TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information
technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa
pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan
dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi
berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi
Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon dan
sebagainya.
Teknologi Informasi adalah suatu
teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan,
menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan
informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat
waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan
merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini
menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk
menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan
kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan
diakses secara global.
b.
Perkembangan
Perkembangan Teknologi Informasi
memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan
berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini
sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini
sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e, seperti
e-commerce, e-government, e-education, e-library,e-journal, e-medicine,
e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Dalam sejarah perkembangan
pendidikan, teknologi informasi adalah bagian dari media yang digunakan untuk
menyampaikan pesan ilmu pada orang banyak, mulai dari teknologi percetakan
beberapa abad yang lalu, seperti buku yang dicetak, hingga media telekomunikasi
seperti, suara yang direkam pada kaset, video, televisi, dan CD. Perkembangan
teknologi informasi saat ini, Internet, mengarahkan sejarah teknologi
pendidikan pada alur yang baru. Layanan online dalam pendidikan baik bergelar
maupun tidak bergelar pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi
pengguna (mahasiswa) dengan menggunakan internet sebagai media. Layanan online
ini dapat terdiri dari berbagai tahapan dari proses program pendidikan seperti:
pendaftaran, test masuk, pembayaran, perkuliahan, penugasan kasus, pembahasan
kasus, ujian, penilaian, diskusi, pengumuman, dll. Pendidikan jarak jauh dapat
memanfaatkan teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas
dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.
c.
Pengelompokkan
Telah
diketahui bahwa teknologi informasi mencakup teknologi komputer dan teknologi
komunikasi.lebih rinci teknologi informasi dapat dikelompokkan menjadi:
1. Teknologi
masukan (input technology),teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk
memasukkan data kedalam sistem computer.
2. Mesin
pemroses (processing machine),lebih dikenal dengan sebutan CPU (central
Processing Unit),mikroprosesor, atau prosesor.
3. Teknologi
penyimpan,dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan penyimpan
eksternal.
4. Teknologi
keluaran (output technology),teknologi yang berhubungan dengan segala peranti
yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan system.
5.
Teknologi perangkat lunak (software) atau dikenal juga dengan sebutan program adalah,deretan
instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat
melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki penggunanya.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi
dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang
berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan
pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan
dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari
perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi
Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung
pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
Dari
uraian di atas, teknologi informasi ( TI ) mencakup gabungan antara teknologi
komputer dengan teknologi komunikasi itu sendiri. Komputer sebagai perangkat keras dengan
software-software sebagai perangkat lunak yang berfungsi untuk sarana
pengolahan maupun penyimpanan data yang nantinya dikirimkan melalui saluran
komunikasi.
d.
Komponen
Komponen
teknologi informasi
merupakan sub sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi.
Untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi,
umumnya dibutuhkan setidaknya tiga komponen utama; perangkat
keras (hardware), perangkat
lunak (software), dan manusia (brainware).
Untuk perangkat
telekomunikasi diasumsikan termasuk dalam komponen
hardware.
e.
Klasifikasi
1.Klasifikasi
teknologi informasi berdasarkan data yang diolah.
2.
Klasifikasi teknologi informasi berdasarkan fungsi system.
3. Klasifikasi teknologi informasi berdasarkan size / ukuran, kapasitas
memori, kapasitas penyimpanan ( harddisk ), kecepatan prosessor yang dimiliki
computer tersebut.
f.
Peranan dan
Manfaat
Manfaat
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi kehidupan manusia dalam
perkembangannya, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki peran
penting bagi kehidupan manusia. Selain mempercepat komunikasi, TIK juga
memudahkan manusia dalam menyelesaikan urusannya. TIK di dalam pendidikan dapat dikategorisasikan menjadi 4 (empat)
kelompok manfaat, yaitu:
1)
TIK sebagai Gudang Ilmu Pengetahuan, dikelompok
ini TIK dimanfaatkan sebagai referensi ilmu pengetahuan terkini,manajemen
pengetahuan, jaringan pakar beragam bidang ilmu, jaringan antar institusi
pendidikan, pusat pengembangan materi ajar, wahana pengembangan kurikulum, dan
komunitas perbandingan standar kompetensi.
2)
TIK sebagai Alat bantu Pembelajaran, di dalam
kelompok ini sekurang-kurangnya ada 3 fungsi TIK yang dapat dimanfaatkan sehari-hari
di dalam proses belajar-mengajar, yaitu (a) TIK sebagai alat bantu guru yang
meliputi: animasi peristiwa, alat uji peserta didik, sumber referensi ajar, evaluasi
kinerja peserta didik, simulasi kasus, alat peraga visual, dan media komunikasi
antar guru. Kemudian; (b) TIK sebagai alat bantu interaksi guru-peserta didik
yang meliputi: komunikasi guru-peserta didik, kolaborasi kelompok studi, dan
manajemen kelas terpadu; (3) TIK sebagai alat bantu peserta didik meliputi: buku
interaktif, belajar mandiri, latihan soal, media illustrasi, simulasi
pelajaran, alat karya peserta didik, dan media komunikasi antar peserta didik.
3)
TIK sebagai Fasilitas Pembelajaran, di dalam
kelompok ini TIK dapat dimanfaatkan sebagai: perpustakaan elektronik, kelas virtual,
aplikasi multimedia, kelas teater multimedia, kelas jarak jauh, papan elektronik
sekolah, alat ajar multi-intelejensia, pojok internet, dan komunikasi kolaborasi
kooperasi (intranet sekolah) dan,
4)
TIK sebagai Infrastruktur Pembelajaran,
di dalam kelompok ini TIK memberikan dukungan teknis dan aplikatif untuk pembelajaran,
baik dalam skala menengah maupun luas, yang meliputi: ragam teknologi kanal
distribusi, ragam aplikasi dan perangkat lunak, bahasa pemprogra-man, sistem
basis data, komputer personal, alat-alat digital, sistem operasi, system jaringan
dan komunikasi data, dan infrastruktur teknologi informasi (media transmisi).
2. JELASKAN SECARA TERPERINCI PENGERTIAN KOMPUTER, PERANGKAT KERAS, DAN PERANGKAT LUNAK
Komputer adalah
serangkaian ataupun sekelompok masih elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan
jutaan komponen yang dapat saling bekerjasam, serta membentuk sebuah sistem
kerja yang rapi dan teliti.
Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk
melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasrkan urutan instruksi
ataupun program yang diberikan kepadanya.
Sistem adalah kumpulan
elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk
melaksanakan suatu tujuan pokok.
Sistem komputer adalah suatu
jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat
lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu
(menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah,
dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula
diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas
dengan menggunakan komputer.
Manfaat komputer dalam pendidikan,
yaitu:
1. Pendidik dapat memiliki variasi mengajar
dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa
model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill
and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem
solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game).
Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran
agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk
mengembangkan pengetahuan mereka.
2. Kemampuan belajar peserta didik dapat
meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas -
tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks,
warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
3. Kecerdasan psikomotorik siswa dapat
terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat
menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk
meningkatkan kualitas pendidikannya.
4. Komputer adalah media atau alat bantu
untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan
yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik
maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik,
untuk belajar, komputer hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang
tidak memiliki manfaat.
Pengertian Perangkat Keras
Adalah
salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan
diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk
mendukung proses komputerisasi.
Perangkat
keras adalah perangkat fisik komputer yang terdiri dari ;
1. Input
devices ( unit masukan )
Adalah sarana yang
berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Mouse dan keyboard merupakan
contoh input devices yang dapat digunakan untuk memasukkan data.
2. Central
processing unit (CPU) dan monitor
Tugas penyimpanan dan
pengolahan data selalu dilakukan oleh CPU. CPU dapat dianggap sebagai otaknya
computer. Fungsi utama CPU adalah membaca dan menginterpretasikan tugas-tugas
yang diberikan melalui program atau software. CPU juga berperan pada aktivasi
koordinasi dalam proses pengolahan data.
3. Output devices ( unit keluaran )
4. Backing
storage ( unit penyimpanan )
5. Periferal
( unit tambahan )
Komponen
dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input
device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor
(ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri
dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy
drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.
Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai
komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini
contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
Pengertian dari perangkat keras atau hardware adalah
komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer.
Hardware sendiri mempunyai sifat yang berbeda dengan
software yaitu dapat dilihat, diraba dan berbentuk nyata. Jenis-jenis hardware
pada komputer tidak hanya tertuju pada bagian dalam komputer saja, melainkan
semua perangkat yang mendukung kinerja komputer.
Macam-Macam Perangkat Keras Komputer
1. Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai
tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan
lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan
memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berfungsi menghubungkan
masing-masing perangkat.
2. Processor
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh
jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit)
bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan
perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
3. Hard Disk
Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk
terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data
yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut.
4. PC Cooler/ Heatsink
PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang
berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Mengingat panas pada
komputer dapat merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan PC cooler/
heatsink sangatlah penting.
5. Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong
sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa
grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda.
Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray
Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
6. SSD
SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari
pendahulunya yaitu hard disk. SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan
jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD juga memiliki fungsi
yang sama seperti hard disk, namun sedikit berbeda dengan hard disk.
Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang
saling terhubung. Chip-chip tersebut memiliki kecepatan dan reliabilitas yang
lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). Dalam segi harga, SSD lebih mahal
daripada HDD meskipun dengan kapasitas yang sama.
7. VGA Card
VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras
yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA
juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit).
Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer
maupun designer.
8. Optical Drive
Optical drive merupakan salah atu perangkat keras yang
berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD.
Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, seperti : CD ROM
drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.
9. Power Supply
Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi
sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen yang lain seperti motherboard,
processor, VGA, dll. Power supply bisa dibilang jantung komputer, jadi mustahil
komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.
10. RAM
RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang
berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda
dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer
dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan
kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.
11. Keyboard
Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat
input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka. Terdapat berbagai
jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard
KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.
12. Mouse
Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai alat
input. Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin
dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai
seekor tikus. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, anatara lain : mouse serial,
mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.
13. Printer
Sama halnya dengan monitor, printer merupakan perangkat
keras yang tergolong sebagai alat output. Printer berfungsi mencetak hasil
pengolahan data berupa teks/ gambar di atas kertas (hard copy). Berdasarkan
teknologi yang digunakan saat ini, jenis-jenis printer yang banyak ditemui
adalah printer Dotmatrix, printer Inkjet dan printer Laserjet.
14. Sound Card
Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengolah
data berupa audio ataupun suara. Pada awalnya, sound card hanyalah pelengkap
komputer, namun saat ini sound card merupakan perangkat yang harus dimiliki
oleh pengguna komputer.
15. Scanner
Scanner merupakan perangkat keras yang mempunyai cara kerja
yang hampir sama seperti fotokopi. Berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner
berfungsi merubah hard file menjadi digital file yang dapat diolah di komputer.
16. Proyektor LCD
Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang
biasanya digunakan untuk menampilkan video maupun gambar dari komputer pada
sebuah layar maupun pada bidang yang memiliki permukaan datar. Untuk
menampilkan video/ gambar, proyektor LCD mengirimkan cahaya dari lampu halide
logam lalu diteruskan ke dalam prisma dimana cahaya akan tersebar pada tiga panel
polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.
17. Modem
Modem mempunyai kepanjangan Modulator Demodulator. Modem
sendiri berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Data dari
komputer yang berbentuk sinyal digital di konversi oleh modem menjadi data yang
berbentuk sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar yang berbentuk
sinyal analog, modem akan mengubahnya kembali menjadi data yang berbentuk
digital agar dapat diolah oleh komputer.
18. NIC/ LAN Card
NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang
berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet. Saat ini terdapat
dua jenis NIC yang diketahui, antaranya NIC bersifat fisik (contoh : NIC
Ethernet, Token Ring, dll ) dan NIC bersifat logis (contoh : Loopback Adapter
dan Dial-up Adapter).
19. Speaker
Speaker merupakan perangkat yang terbuat dari logam,
membran, kumparan serta magnet. Speaker mempunyai peranan penting dalam
mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Speaker dapat berfungsi sebagaimana
mestinya jika di dukung oleh perangkat yang bernama sound card.
20. Webcam
Webcam merupakan kamera digital yang dihubungkan ke
komputer. Kebanyakan webcam saat ini menyatu dengan layar laptop. Webcam juga
biasanya digunakan untuk mengambil gambar maupun video melalui jaringan
internet.
Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer
Pengertian
perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg
disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer
itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah.
Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yg dijalankan
pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui
software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu
perintah.
Contoh:
1.
Sistem Operasi
2.
Perangkat Lunak Bahasa
3.
Program Aplikasi
Fungsi Perangkat Lunak (Software)
Ada beberapa fungsi dari perangkat
lunak (software) diantaranya:
Fungsi
perangkat lunak (software) adalah memproses data atau perintah / instruksi
hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah.
Berfungsi sebagai sarana interaksi
yg menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat
keras.
Golongan Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak ini dibagi menjadi
tiga golongan, yaitu:
1.
Sistem
Operasi
Software sistem operasi merupakan
suatu software komplek yg mempunyai banyak fungsi.
·
Fungsi
yg pertama adalah untuk mengatur semua perangkat keras komputer yang terhubung
dengan CPU.
· Fungsi yang kedua adalah
menerjemahkan segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang
diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU.
·
Fungsi
yang ketiga adalah mengatur semua proses yg terjadi di dalam CPU.
Sistem
operasi juga berfungsi sebagai tempat atau platform untuk menjalan suatu
software aplikasi. Contoh program berbasis windows hanya dapat dijalankan di
pada sistem operasi windows tidak dapat dijalankan di linux kecuali menggunakan
program converter.
Saat ini
sudah terdapat berbagai jenis software sistem operasi yg dapat di gunakan
seperti dari perusahaan yg paling terkenal sebagai pembuat sistem operasi yaitu
“Microsoft” yg dimiliki oleh orang terkaya didunia “Bill Gates” dan beberapa
produk yg sudah diluncurkan di antaranya adalah Microsoft Windows (Windows 98,
Windows 2000, Windows XP, dan Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8) sedangkan
pesaingnya ada dari Linux (Mandrake,
Ubuntu, dan Redhat) dan juga dari Apple.
2.
Bahasa
Pemrograman
Bahasa
pemrograman (programming language) adalah bahasa yg digunakan untuk membuat
program itu sendiri. Ada banyak bahasa pemrograman contohnya Bahasa C, C++,
Visual Basic, Pascal, Borland, HTML, PHP, JAVA, dan masih banyak lagi. Untuk menunjang
pembuatan harus menggunakan perangkat lunak yang digunakan untuk merancang atau
membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa
program itu sendiri.
3.
Program
Aplikasi
Program
aplikasi merupakan software yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan
pembuatannya. Program aplikasi merupakan software yang banyak digunakan untuk
membantu menyelesaikan tugas tertentu, seperti untuk membuat surat,
mendengarkan musik, menonton film, menghitung sejumlah angka, dan masih banyak
lagi. Contoh program aplikasi seperti Microsoft word, excel, power point,
Winamp, Media player classic, calculator, dll.
3.
Jelaskan secara terperinci tentang
pemograman dipandang dipandang dai sudut Pengertian dan Definisi, Bahasa
Pemograman, serta langkah-langkahnya.
Pengertian dan definisi
Pemrograman
adalah proses menulis, menguji dan
memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program
komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari
pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu
perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si “pemrogram”.
Untuk dapat melakukan pemrograman,
diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di
banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Bahasa ini memungkinkan
seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah
oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil
dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat
kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
- Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
- Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bahasa Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
- Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
- Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa
pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang
digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa
Tingkat Rendah.
Langkah-langkah
dalam pemrograman komputer
1. Mendefinisikan masalah
2. Menemukan solusi
3. Memilih algoritma
4. Menulis program
5. Menguji program 6. Menulis dokumentasi
7. Merawat program
4.
MULTIMEDIA
BERPERAN POSITIF DAN NEGATIVE DALAM PEMBELAJARAN, JELASKAN SECARA RINCI DARI
SUDUT TEORITIS DAN PRAKTIS SERTA PROFEI
DEFINISI MULTIMEDIA
Kata media berasal
dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar. Heinich, Mlenda, dan Russel (dalam Sanjaya, 2008)
mengungkapkan bahwa media is a channel of
communication. Derived from the Latin word for “between”, the term refers to
“anything that carries information between a source and a receiver. Hal
senada juga diungkapkan AECT –sebuah organisasi yang bergerak dalam teknologi
pendidikan dan komunikasi –bahwa media sebagai segala bentuk yang digunakan
untuk proses penyaluran informasi.
Beberapa pakar
mengartikan multimedia sebagai berikut :
¨ Multimedia
secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc
Cormick,1996)
¨ Multimedia
adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media
ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar
(Turban dkk, 2002)
¨ Multimedia
merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang
mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda,
2001)
¨ Multimedia
adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool
yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan
berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
“Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan
animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan
pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi“
Kelebihan Multimedia
¨ Dari
berbagai media informasi, multimedia memiliki suatu kelebihan tersendiri yang
tidak dapat digantikan oleh penyajian media informasi lainya.
¨ Kelebihan
dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan
gabungan antara pandangan,suara dan gerakan.
¨ Lembaga
riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Technology Research (CTR)
menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang
mengingat 50 % dari yang dilihat dan
didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.
Manfaat multimedia pembelajaran, yaitu:
1. Memperbesar benda yang sangat
kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.
2. Memperkecil
benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti
gajah, rumah, gunung, dll.
3. Menyajikan
benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat,
seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu
mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll.
4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh,
seperti bulan, bintang, salju, dll.
5. Menyajikan benda atau peristiwa yang
berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
5.
INTERNET
BERPERAN POSITIF DAN NEGATIVE DALAM PEMBELAJARAN, JELASKAN SECARA RINCI DARI
SUDUT TEORITIS DAN PRAKTIS SERTA PROFESI.
Internet dan kaitannya dengan
pembelajaran
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer
luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu
negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai
sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif.
Internet
sebagai alat pendidikan/pembelajaran. Perkembangan dan kemajuan teknologi
internet yang sangat pesat dan merambah ke seluruh penjuru dunia telah
dimanfaatkan oleh berbagai negara, institusi, dan ahli untuk berbagai
kepentingan termasuk di dalamnya untuk pendidikan/pembelajaran.
Pemanfaatan internet
dalam proses pembelajaran akan membantu dunia pendidikan dalam meningkatkan
kuantitas dan kualitas peserta didiknya, diantaranya:
1. Peserta
didik dapat dengan mudah mengambil mata kuliah dimanapun di seluruh dunia tanpa
batas institusi atau batas negara.
2.
Peserta didik dapat dengan mudah berguru pada para ahli di bidang yang
diminatinya.
3.
Kuliah atau belajar dapat dengan mudah diambil di berbagai penjuru dunia
tanpa bergantung pada universitas atau
sekolah tempat si peserta didik belajar. Di samping itu kini hadir perpustakaan
internet yang lebih dinamis dan bisa digunakan di seluruh jagat raya.
Beberapa
manfaat internet untuk kepentingan pembelajaran adalah:
1. Pengembangan Profesional
·
Meningkatkan pengetahuan
·
Berbagi sumber informasi diantara
rekan sejawat/ sedepartemen
·
Berkomunikasi keseluruh belahan
dunia
·
Kesempatan untuk menerbitkan
/mengumumkan secara langsung
·
Mengatur komunikasi secara teratur
·
Berpatisipasi dalam forum dengan
rekan sejawat baik local maupun internasional .
2. Sumber Belajar/Pusat Informasi
·
Informasi media dan metodologi
pembelajaran
·
Bahan baku & bahan ajar untuk
segala bidang pelajaran
·
Akses informasi IPTEK
·
Bahan Pustaka/referensi
3. Belajar sendiri secara cepat :
·
Meningkatkan pengetahuan
·
Belajar berinteraktif
·
Mengembangkan kemampuan di bidang
penelitian
4. Menambah wawasan, pergaulan,
pengetahuan, pengembangan karier
·
Meningkatkan komunikasi dengan
seluruh masyarakat lain
·
Meningkatkan kepekaan akan
permasalahan yang ada diseluruh dunia
·
Informasi beasiswa, lowongan
pekerjaan, pelatihan.
·
Hiburan, dsb
0 komentar:
Posting Komentar