TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Oleh
: Asep Hermawan
Teknologi pembelajaran
yang dewasa ini
aplikasinya berupa pemanfaatan
proses dan produk teknologi informasi
dan komunikasi (information and
communication technology/ICT)
untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan
dan pembelajaran, memiliki
banyak manfaat atau keuntungan. Agar teknologi
pembelajaran dapat berperan
dengan baik dalam
dunia pendidikan dan pembelajaran, maka dapat disusun
strategi pemanfaatan yang
tepat dan optimal
untuk meningkatkan kualitas serta efektivitas dan efisiensi
pembelajaran.
Dalam pembelajaran dewasa ini,
pendidik perlu memperhatikan betul kemampuan dan kreativitasnya dalam
memanfaatkan teknologi yang ada. Karena pada kenyataanya masih banyak pendidik
yang belum dapat memaksimalkan penggunaan media ataupun teknologi yang ada, sehingga
penggunaan dari media atau teknologi tersebut dalam pembelajaran dapat maksimal
dan berguna sesuai dengan kecanggihan dari teknologi tersebut dan tujuan dari
pembelajaran itu sendiri.
Salah satu teknologi canggih dan
banyak digunakan saat ini dalam pendidikan adalah komputer. Dimana komputer
menjadi media dan sumber belajar serta media interaksi peserta didik dengan
guru dalam belajar. Penggunaan komputer dalam pembelajaraan banyak digunakan,
namun dalam penerapanya belum banyak guru yang memahami dan memanfaatkan
teknologi tersebut dengan penuh atau optimal. Komputer sebagai teknologi dan
media pembelajaran interaktif guru dengan peserta didik, mampu menjadikan peserta
didik lebih aktif, kreatif, belajar menyenangkan, tidak membosankan, dan
meningkatkan minat belajar peserta didik. Sehingga diperlukan keberadaanya
untuk lebih menunjang dalam pembentukan individu yang aktif, berwawasan dan
mengikuti perkembangan jaman.
Komputer adalah alat elektronik
otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang
diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem
multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit
pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Untuk mewujudkan konsepsi komputer
sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan
sistem komputer yang elemennya terdiri dari hardware, software
dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling
berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi
apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak
bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan
mengendalikannya.
1. Penggunaan Komputer dalam
Pembelajaran Produktif Teknik Kendaraan Ringan
Dalam dunia pendidikan saat ini
penggunaan komputer sudah banyak digunakan, khususnya dalam pendidikan di SMK.
Dalam perkembanganya komputer memiliki banyak pengaruh terhadap pengetahuan dan
informasi yang dibutuhkan banyak orang. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di
sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan
memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access. Dengan masuknya materi
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer
sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat
penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi • Visi mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar peserta didik dapat dan terbiasa
menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan
optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar,
bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga peserta didik mampu berkreasi,
mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan
mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya.
Dalam pemanfaatan komputer saat ini
telah berkembang meliputi pengelolaan tes melalui komputer selain itu dapat
dilihat pula komputer dijadikan sebagai media untuk menampilkan nilai-nilai
ujian peserta didik melalui komputer yang telah terkoneksi dengan internet,
penggunaan komputer dalam penyaluran pendapat serta berbagi pemikiran antar
individu. Perkembangan pemanfaatan komputer tersebut belum begitu luas, dimana
masih banyak lembaga-lembaga pendidikan dan guru-guru yang tidak memaksimalkan
penggunaan dari teknologi tersebut. Hal itu terjadi karena kemalasan dan
ketidakpahaman individu terhadap teknologi ataupun media yang berada
disekelilingnya.
Dalam penggunaanya komputer memiliki
banyak manfaat, sehingga teknologi tersebut menjadi sangat penting dan
dibutuhkan oleh semua bidang pekerjaan tak terkecuali dalam bidang pendidikan.
Penerapan komputer dalam pendidikan membantu guru dalam penyampaian materi
melalui berbagai inovasi yang dapat dibuat dan dikembangkan guru sehingga pesan
tersebut lebih menarik dan disukai peserta didiknya. Namun dalam pemakaianya
belum banyak guru yang secara optimal menggunakan semua fungsi dari komputer,
antara lain : diskusi melalui media komputer yang telah online, mencari bahan
dari komputer yang tersambung internet, memberi pembelajaran mengenai
pengeditan gambar dan teks, penyuntingan video dan masih banyak aplikasi dalam komputer
yang dapat ditingkatkan guru dalam pembelajaranya untuk lebih mengaktifkan peserta
didik.
Ada berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan
menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :
a. Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft
Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar
yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang
bervariasi. (schule.bayern.de)
b. Pembelajaran dengan format PDF.
Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi
yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
c. Pembelajaran dengan memanfaatkan
program Scan. Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik
yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
d. Pembelajaran dengan menggunakan
tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office.
e. Pembelajaran dengan menggunakan
CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang
berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker
atau headset juga diperlukan.
f. Pembelajaran dengan menggunakan
komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat
tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran dapat
diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses
dengan cepat dan seketika.
2.
Peran
Komputer Bagi Guru Produktif Teknik Kendaraan Ringan
Secara
umum pembelajaran berbasis komputer dapat dimasukan dalam dua kategori, yaitu
komputer mandiri dan komputer dalam jaringan. Perbedaan terletak pada aspek
interaktifitas, dalam komputer mandiri interaktivitas peserta didik terbatas
dengan materi ajar yang ada dalam program pembelajaran. Pada pembelajaran
dengan komputer dalam jaringan, interaktivitas peserta ajar menjadi lebih banyak
alternatifnya. Pada proses pembelajaran dengan komputer dalam jaringan dikenal dua
jenis fungsi komputer, yaitu komputer server (untuk melayani interaksi, seperti
website server, e-mail server) dan komputer klien (dilengkapi dengan browser,
misalnya Netscape, Mozila Firefox, Opera mini atau internet explorer) .
Interaksi peserta didik dengan tenaga pengajar dilakukan melalui kedua jenis komputer
tersebut
Peran komputer bagi guru dalam meningkatkan aktifitas dan interaksi belajar peserta didik antara lain :
1) Komputer sebagai media pembelajaran
aktif peserta didik dan guru. Sebagai
media pembelajaran, komputer diharapkan dapat meningkatkan interaksi belajar peserta
didik dengan guru, dengan pemanfaatan yang optimal terhadap keberadaanya antara
lain :
a.
Penggunaan
komputer dalam kegiatan belajar mengajar yang digunakan guru untuk menyampaikan
materi dengan presentasi didepan kelas dengan desain power point yang menarik
dan disertai dengan sessi tanya jawab. Itu akan memberi sedikit inovasi dalam
penyampaian materi sehingga menigkatkan minat belajar peserta didik dan tidak
membosankan.
b.
Penggunaan
komputer dalam diskusi kelas, dimana semua komputer telah terkoneksi dengan
internet baik melalui sebuah group maupun menggunakan aplikasi lain. Dan guru
memantau diskusi peserta didik serta menanggapi hal-hal yang dianggap kurang
benar.
c.
Peserta
didik secara aktif membuat kretivitasnya masing-masing melalui teknologi komputer.
Kreativitas yang dimaksud misalnya pembuatan pemandangan yang bagus atau
gambar-gambar yang menarik melalui komputer, karya tulis melalui komputer untuk
dishare kan ke web (jika telah terkoneksi dengan internet.
d.
Menjadikan
komputer sebagai sumber bahan lain selain buku dalam pencarian bahan dimana komputer
disini telah terkoneksi dengan internet.
e.
Penggunaan
bagian-bagian atau komponen-komponen dalam komputer untuk menunjang proses
pembelajaran. Misalnya pemanfaatan suara, gambar, dan video dalam pembelajaran.
2) Komputer sebagai media komunikasi peserta
didik dengan guru. Dimana komputer telah terkoneksi dengan internet, sehingga
diskusi dan tanya jawab terhadap topik masalah dapat ditanyakan dalam kelas
sewaktu diskusi berlangsung sehingga mempersingkat waktu dan tanya jawab pun
dapat dilakukan diluar kegiatan belajar/ luar kelas.
3) Komputer sebagai sumber pengetahuan
lain. Selama ini peserta didik hanya memperoleh pengetahuan melalui apa yang
disampaikan guru dan guru memperoleh pengetahuan melalui buku, namun sekarang
guru dan peserta didik dapat memperoleh bahan lain melalui komputer yang telah
terkoneksi dengan internet.
4) Pembelajaran saat ini telah
berkembang hanya karena komputer yang telah terhubung dengan internet. Dimana peserta
didik memiliki peran aktif dalam pengembangan dan pembentukan pengetahuan
karena pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri melalui komunikasi di dunia
maya seperti e-learning.
5) Peserta didik dapat menyalurkan dan
mengembangkan kreatifitas dan ide-ide barunya melalui dunia blog dan aplikasi
lain yang dapat dimanfaatkan guru dalam peningkatan motivasi dan belajar peserta
didik untuk terus berkarya.
6) Guru bersama peserta didik dapat
saling memberi dan membentuk pengetahuan baru terhadap sumber-sumber bahan
materi lain yang mereka dapat.
7) Adanya pertukaran pendapat dan
komunikasi dengan narasumber lain dalam interaksi di dunia maya sehingga
pengetahuan yang terbentuk lebih luas.
8) Komputer sebagai ajang untuk
mempertontonkan kreatifitas tiap individu. Sehingga bakat dan kemampuan tiap
individu dapat dikembangkan dan pendidik dapat melihat karakter tiap individu
melalui karyanya, sehingga guru dapat mengidentifikasi potensi dan kemampuan
yang mungkin dpat dikembangkan.
3. Dampak Positif dan Negatif dari
Penggunaan Komputer dalam Pembelajaran.
Dampak dari penggunaan komputer dalam pembelajaran dapat mempengaruhi
beberapa aspek dalam bidang pendidikan. Penggunakan komputer dalam pembelajaran
dapat dilihat dampaknya setelah seorang individu menggunakan dan memanfaatkan
teknologi tersebut, beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan
komputer dalam pembelajaran, yaitu :
1) Dampak positif
a.
Merangsang
minat dan daya tarik peserta didik untuk terus belajar
b.
Memberi
ruang bagi peserta didik untuk turut berpartisipasi aktif dalam interaksi
melalui diskusi dan tanya jawab dengan jaringan komputer yang terkoneksi dengan
internet
c.
Sebagai
media untuk mempertontonkan kreativitas dan menampilkan bakat mereka melalui
penciptaan karya. Untuk mereka yang merasa malu menampilkanya dimasyarakat
ataupun tidak.
d.
Mengembangkan
pengetahuan peserta didik terhadap munculnya sumber bahan lain yang dapat
meningkatkan pengetahuan dan pengenalan teknologi-teknologi canggih kepada
mereka
e.
Komputer
membantu pendidik dalam komunikasi dan penyampaian materi yang tidak terjangkau
(tidak dapat dijelaskan melalui kata-kata)
f.
Pembelajaran
lebih efektif dan efisien ( pembelajaran dapat direncanakan tepat waktu dan
jelas pencapaianya)
g.
Pendidik
dapat membentuk dan membangun pengetahuan bersama dengan peserta didik. Dimana
keduanya berdiskusi dan menghasilkan pemikiran-pemikiran baru serta pencarian
sumber bahan materi lain.
h.
Bahan
ajar tidak hanya berasal dari satu sumber saja. Dimana peserta didik dapat
mencari informasi melalui media lain selain buku dan guru yaitu melalui
internet.
i.
Pengetahuan
yang dibangun atau dibentuk selalu berkembang dan berubah
2) Dampak Negatif
a.
Adanya
ketidakmampuan peserta didik dalam menerima pemahaman atau pengetahuan
komputer, sehingga mereka tertinggal yang tertinggal semakin tertinggal dan
yang mengerti semakin mengerti.
b.
Peserta
didik lebih aktif menggunakan komputer, sehingga jika sewaktu-waktu keberadaan komputer
hilang, maka kemungkinan peserta didik menjadi malas untuk belajar. Dan mereka
telah berpikiran bahwa pembelajaran nantinya pasti membosankan.
c.
Sumber
bahan pengetahuan terlalu luas sehingga dapat membingungkan.
0 komentar:
Posting Komentar