Rabu, 15 Juli 2015

PERANAN KOMPUTER DALAM PROFESI GURU PRODUKTIF TEKNIK KENDARAAN RINGAN



PERANAN KOMPUTER DALAM PROFESI GURU PRODUKTIF
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Oleh : Asep Hermawan

Teknologi  pembelajaran  yang  dewasa  ini  aplikasinya  berupa  pemanfaatan  proses  dan  produk teknologi  informasi  dan  komunikasi (information  and  communication  technology/ICT) untuk memecahkan  masalah-masalah  pendidikan  dan  pembelajaran,  memiliki  banyak  manfaat  atau keuntungan. Agar  teknologi  pembelajaran  dapat  berperan  dengan  baik  dalam  dunia  pendidikan  dan pembelajaran, maka dapat  disusun  strategi  pemanfaatan  yang  tepat  dan  optimal  untuk meningkatkan kualitas serta efektivitas dan efisiensi pembelajaran.
Dalam pembelajaran dewasa ini, pendidik perlu memperhatikan betul kemampuan dan kreativitasnya dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Karena pada kenyataanya masih banyak pendidik yang belum dapat memaksimalkan penggunaan media ataupun teknologi yang ada, sehingga penggunaan dari media atau teknologi tersebut dalam pembelajaran dapat maksimal dan berguna sesuai dengan kecanggihan dari teknologi tersebut dan tujuan dari pembelajaran itu sendiri.
Salah satu teknologi canggih dan banyak digunakan saat ini dalam pendidikan adalah komputer. Dimana komputer menjadi media dan sumber belajar serta media interaksi peserta didik dengan guru dalam belajar. Penggunaan komputer dalam pembelajaraan banyak digunakan, namun dalam penerapanya belum banyak guru yang memahami dan memanfaatkan teknologi tersebut dengan penuh atau optimal. Komputer sebagai teknologi dan media pembelajaran interaktif guru dengan peserta didik, mampu menjadikan peserta didik lebih aktif, kreatif, belajar menyenangkan, tidak membosankan, dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Sehingga diperlukan keberadaanya untuk lebih menunjang dalam pembentukan individu yang aktif, berwawasan dan mengikuti perkembangan jaman.
Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1.    Penggunaan Komputer dalam Pembelajaran Produktif Teknik Kendaraan Ringan
Dalam dunia pendidikan saat ini penggunaan komputer sudah banyak digunakan, khususnya dalam pendidikan di SMK. Dalam perkembanganya komputer memiliki banyak pengaruh terhadap pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan banyak orang. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi • Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar peserta didik dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga peserta didik mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya.
Dalam pemanfaatan komputer saat ini telah berkembang meliputi pengelolaan tes melalui komputer selain itu dapat dilihat pula komputer dijadikan sebagai media untuk menampilkan nilai-nilai ujian peserta didik melalui komputer yang telah terkoneksi dengan internet, penggunaan komputer dalam penyaluran pendapat serta berbagi pemikiran antar individu. Perkembangan pemanfaatan komputer tersebut belum begitu luas, dimana masih banyak lembaga-lembaga pendidikan dan guru-guru yang tidak memaksimalkan penggunaan dari teknologi tersebut. Hal itu terjadi karena kemalasan dan ketidakpahaman individu terhadap teknologi ataupun media yang berada disekelilingnya.
Dalam penggunaanya komputer memiliki banyak manfaat, sehingga teknologi tersebut menjadi sangat penting dan dibutuhkan oleh semua bidang pekerjaan tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Penerapan komputer dalam pendidikan membantu guru dalam penyampaian materi melalui berbagai inovasi yang dapat dibuat dan dikembangkan guru sehingga pesan tersebut lebih menarik dan disukai peserta didiknya. Namun dalam pemakaianya belum banyak guru yang secara optimal menggunakan semua fungsi dari komputer, antara lain : diskusi melalui media komputer yang telah online, mencari bahan dari komputer yang tersambung internet, memberi pembelajaran mengenai pengeditan gambar dan teks, penyuntingan video dan masih banyak aplikasi dalam komputer yang dapat ditingkatkan guru dalam pembelajaranya untuk lebih mengaktifkan peserta didik.
Ada berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :
a.       Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi. (schule.bayern.de)
b.      Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
c.       Pembelajaran dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
d.      Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office.
e.       Pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan.
f.       Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran  dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.
2.         Peran Komputer Bagi Guru Produktif Teknik Kendaraan Ringan
Secara umum pembelajaran berbasis komputer dapat dimasukan dalam dua kategori, yaitu komputer mandiri dan komputer dalam jaringan. Perbedaan terletak pada aspek interaktifitas, dalam komputer mandiri interaktivitas peserta didik terbatas dengan materi ajar yang ada dalam program pembelajaran. Pada pembelajaran dengan komputer dalam jaringan, interaktivitas peserta ajar menjadi lebih banyak alternatifnya. Pada proses pembelajaran dengan komputer dalam jaringan dikenal dua jenis fungsi komputer, yaitu komputer server (untuk melayani interaksi, seperti website server, e-mail server) dan komputer klien (dilengkapi dengan browser, misalnya Netscape, Mozila Firefox, Opera mini atau internet explorer) . Interaksi peserta didik dengan tenaga pengajar dilakukan melalui kedua jenis komputer tersebut

Peran komputer bagi guru dalam meningkatkan aktifitas dan interaksi belajar peserta didik antara lain :
1)      Komputer sebagai media pembelajaran aktif peserta didik dan guru.  Sebagai media pembelajaran, komputer diharapkan dapat meningkatkan interaksi belajar peserta didik dengan guru, dengan pemanfaatan yang optimal terhadap keberadaanya antara lain :
a.         Penggunaan komputer dalam kegiatan belajar mengajar yang digunakan guru untuk menyampaikan materi dengan presentasi didepan kelas dengan desain power point yang menarik dan disertai dengan sessi tanya jawab. Itu akan memberi sedikit inovasi dalam penyampaian materi sehingga menigkatkan minat belajar peserta didik dan tidak membosankan.
b.         Penggunaan komputer dalam diskusi kelas, dimana semua komputer telah terkoneksi dengan internet baik melalui sebuah group maupun menggunakan aplikasi lain. Dan guru memantau diskusi peserta didik serta menanggapi hal-hal yang dianggap kurang benar.
c.          Peserta didik secara aktif membuat kretivitasnya masing-masing melalui teknologi komputer. Kreativitas yang dimaksud misalnya pembuatan pemandangan yang bagus atau gambar-gambar yang menarik melalui komputer, karya tulis melalui komputer untuk dishare kan ke web (jika telah terkoneksi dengan internet.
d.         Menjadikan komputer sebagai sumber bahan lain selain buku dalam pencarian bahan dimana komputer disini telah terkoneksi dengan internet.
e.          Penggunaan bagian-bagian atau komponen-komponen dalam komputer untuk menunjang proses pembelajaran. Misalnya pemanfaatan suara, gambar, dan video dalam pembelajaran.
2)      Komputer sebagai media komunikasi peserta didik dengan guru. Dimana komputer telah terkoneksi dengan internet, sehingga diskusi dan tanya jawab terhadap topik masalah dapat ditanyakan dalam kelas sewaktu diskusi berlangsung sehingga mempersingkat waktu dan tanya jawab pun dapat dilakukan diluar kegiatan belajar/ luar kelas.
3)      Komputer sebagai sumber pengetahuan lain. Selama ini peserta didik hanya memperoleh pengetahuan melalui apa yang disampaikan guru dan guru memperoleh pengetahuan melalui buku, namun sekarang guru dan peserta didik dapat memperoleh bahan lain melalui komputer yang telah terkoneksi dengan internet.
4)      Pembelajaran saat ini telah berkembang hanya karena komputer yang telah terhubung dengan internet. Dimana peserta didik memiliki peran aktif dalam pengembangan dan pembentukan pengetahuan karena pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri melalui komunikasi di dunia maya seperti e-learning.
5)      Peserta didik dapat menyalurkan dan mengembangkan kreatifitas dan ide-ide barunya melalui dunia blog dan aplikasi lain yang dapat dimanfaatkan guru dalam peningkatan motivasi dan belajar peserta didik untuk terus berkarya.
6)      Guru bersama peserta didik dapat saling memberi dan membentuk pengetahuan baru terhadap sumber-sumber bahan materi lain yang mereka dapat.
7)      Adanya pertukaran pendapat dan komunikasi dengan narasumber lain dalam interaksi di dunia maya sehingga pengetahuan yang terbentuk lebih luas.
8)      Komputer sebagai ajang untuk mempertontonkan kreatifitas tiap individu. Sehingga bakat dan kemampuan tiap individu dapat dikembangkan dan pendidik dapat melihat karakter tiap individu melalui karyanya, sehingga guru dapat mengidentifikasi potensi dan kemampuan yang mungkin dpat dikembangkan.

3.    Dampak Positif dan Negatif dari Penggunaan Komputer dalam Pembelajaran.
Dampak dari penggunaan komputer dalam pembelajaran dapat mempengaruhi beberapa aspek dalam bidang pendidikan. Penggunakan komputer dalam pembelajaran dapat dilihat dampaknya setelah seorang individu menggunakan dan memanfaatkan teknologi tersebut, beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan komputer dalam pembelajaran, yaitu :
1)      Dampak positif
a.         Merangsang minat dan daya tarik peserta didik untuk terus belajar
b.         Memberi ruang bagi peserta didik untuk turut berpartisipasi aktif dalam interaksi melalui diskusi dan tanya jawab dengan jaringan komputer yang terkoneksi dengan internet
c.          Sebagai media untuk mempertontonkan kreativitas dan menampilkan bakat mereka melalui penciptaan karya. Untuk mereka yang merasa malu menampilkanya dimasyarakat ataupun tidak.
d.         Mengembangkan pengetahuan peserta didik terhadap munculnya sumber bahan lain yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pengenalan teknologi-teknologi canggih kepada mereka
e.          Komputer membantu pendidik dalam komunikasi dan penyampaian materi yang tidak terjangkau (tidak dapat dijelaskan melalui kata-kata)
f.          Pembelajaran lebih efektif dan efisien ( pembelajaran dapat direncanakan tepat waktu dan jelas pencapaianya)
g.          Pendidik dapat membentuk dan membangun pengetahuan bersama dengan peserta didik. Dimana keduanya berdiskusi dan menghasilkan pemikiran-pemikiran baru serta pencarian sumber bahan materi lain.
h.         Bahan ajar tidak hanya berasal dari satu sumber saja. Dimana peserta didik dapat mencari informasi melalui media lain selain buku dan guru yaitu melalui internet.
i.           Pengetahuan yang dibangun atau dibentuk selalu berkembang dan berubah

2)      Dampak Negatif
a.         Adanya ketidakmampuan peserta didik dalam menerima pemahaman atau pengetahuan komputer, sehingga mereka tertinggal yang tertinggal semakin tertinggal dan yang mengerti semakin mengerti.
b.        Peserta didik lebih aktif menggunakan komputer, sehingga jika sewaktu-waktu keberadaan komputer hilang, maka kemungkinan peserta didik menjadi malas untuk belajar. Dan mereka telah berpikiran bahwa pembelajaran nantinya pasti membosankan.
c.         Sumber bahan pengetahuan terlalu luas sehingga dapat membingungkan.

0 komentar:

Posting Komentar